Phone: 089601188548
Email: info@jasawebsitebogor.com
Opening: 08AM - 03PM
  • Seven Light
  • May 28, 2020
  • 0 comments

5 Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula

Apabila Anda benar-benar pemula di dunia blog atau pun internet. Di benak Anda pasti akan mucul pertanyaan-pertanyaan seputar hal di atas. Contohnya saja tentang pertanyaan mendasar ini:

Apa itu blog?

Bagaimana caranya menjadi blogger?

Harus dimulai darimana ya nge-blog itu?

Dan masih banyak pertanyaan seputar blog yang masih mengganjal lainnya. Di sini akan kami jelaskan secara lebih mendalam hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang blog, supaya Anda lebih memahami blog sebelum membuatnya.

Apa itu blog? Blog merupakan salah satu dari jenis website yang ada di internet. Di internet terdapat beberapa macam website sesuai dengan kegunaannya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Blog yang mengulas tentang portal berita, seperti detik.com, kompas.com.
  2. Blog untuk social networking, seperti facebook.com, instagram.com, twitter.com.
  3. Blog sebagai search engine, seperti google.com dan yahoo.com.
  4. Blog untuk forum, seperti kaskus.co.id.
  5. Blog pasar online, seperti lazada.co.id, tokopedia.com.
  6. Blog untuk personal branding, seperti radityadika.com.

Banyak bukan jenis blog yang ada di internet. Dari contoh-contoh di atas bahkan masih ada macam blog yang lain dan tidak bisa disebutkan satu-persatu di sini. Lalu, blog seperti apa yang akan Anda buat nantinya? Sebelum menentukan ke arah mana blog Anda di buat. Maka tentukan dahulu tujuan Anda ngeblog dan pahami hal tersebut untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Setiap Blogger memiliki tujuan yang tidak bisa di samakan dengan Blogger yang lain. Ada Blogger yang ngeblog karena ingin menjadi penulis dan dikenal sebagai penulis hebat, ada yang ingin ngeblog untuk membagikan ilmu atau pengetahuan yang di miliki lewat konten blog yang ia buat, dan selain karena dua hal di atas, seringkali banyak yang nge blog sebagai ladang untuk menambah penghasilan. Apakah Anda sudah menentukan tujuan blog Anda?

Setelah mengetahui tujuan Anda ngeblog, poin selanjutnya adalah mengetahui cara untuk memulai ngeblog. Cara pertama yaitu, tentukan topik tulisan. Dengan mengetahui topik yang akan Anda tulis di blog, maka konten Anda pun tidak dibuat sekenanya. Blog Anda di buat dengan membuat konten yang fokus pada topik yang telah Anda tentukan di awal. Kedua, pilih layanan ngeblog yang menurut Anda cocok untuk Anda gunakan. Penyedia layanan blog seperti wordpress.com, blogger.com dan tumblr.com. Ketiga yaitu mulailah menulis di blog Anda, usahakan untuk rajin menulis minimal satu artikel perhari agar blog Anda meranking atas di mesin pencari Google.

Langkah menentukan tujuan dan darimana memulai blog sudah kami bahas di atas. Selebihnya adalah mulailah untuk mengembangkan blog Anda. Dengan cara di bawah ini:

  1. Fokuslah ke konten blog Anda. Kenapa? Karena konten merupakan faktor utama kesuksesan blog. Sehingga buatlah konten yang berkualitas dengan mengedepankan asas konten yang bermanfaat untuk dibaca, buatlah konten Anda unik dan berbeda dengan konten yang lain, serta buatlah topik yang banyak dicari oleh pembaca.
  2. Pelajarilah teknik SEO dasar, karena meski SEO bukan faktor utama penentu kesuksesan. Namun, SEO merupakan pendukung yang berperan penting untuk membuat blog Anda berada di tempat strategis di mesin pencari. Pelajari SEO dasar ini dari banyak referensi di Google dan terapkan di blog Anda.
  3. Blogwalking, merupakan kunjungan Anda ke blog lain dan memberi komentar secara sukarela atau dengan tulus hati. Blogwalking ini di lakukan untuk menjalin hubungan baik sesama Blogger, mendapatkan backlink untuk penunjang SEO, serta memperkaya ide Anda untuk menulis.
  4. Gunakan media sosial untuk promosi blog Anda. Berikan fitur widget agar pembaca bisa share tulisan Anda ke media sosial dan aktiflah berpromosi di media sosial yang Anda miliki.
  5. Seringlah memperkaya wawasan Anda dan kemampuan Anda menulis dengan terus belajar dan membaca banyak buku terkait topik yang Anda tulis.

Selamat memulai langkah kesuksesan Anda sebagai Blogger pemula dengan mengaplikasikan tips-tips Mebiso di atas!

 

sumber : mebiso.com



Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required