post-thumbnail

Cara Ampuh Meyakinkan Calon Pembeli

KONSEP DASAR TERJADINYA PEMBELIAN

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Formula Meyakinkan Calon Pembeli, Ada konsep yang yang wajib anda pahami sebagai dasar penting untuk mulai berjualan. konsep ini sangat sederhana tetapi sangat  Powerful jika kita pahami penerapannya, 
kenapa powerful?

Karena seringkali kita mengabaikan konsep ini, berjualan semau kita, berjualan semau kita, bahkan kita cenderung Cuma nyebar Spam Iklan (asal nyebar iklan).
Coba deh, ingat lagi seberapa sering kita melakukan hal di atas?

Jualan Cuma asal nyebar spam iklan, lihat hasilnya saya yakin hasilnya tidak akan maksimal. Benar kan?
Hayooo ngaku siapa yang suka asal copas spam iklan sana sini?

Tobaaaat Yuu tobaaat!!!!
Jangan Cuma asal nyebar iklan aja, sudah hasilnya minim, malah cuma merusak personal Branding kita aja.

Kita bahas dulu tentang konsep dasar terjadinya pembeliaan ya. konsep dasar ini dipopulerkan oleh seorang praktisi bisnis online bernama Neil Plater
beliau mejelaskan konsep sederhana yang dimulai dengan proses membangun TRUST pembeli yang akhirnya menjadi dasar penting terjadinya sebuah pembelian oleh konsumen.
berikut ini konsepnya:

Penjelasan
Jika anda memperhatikan bagan gambar di atas, terlihat jelas bahawa Action (pembelian) tidak bisa lansung terjadi. transaksi terjadi karena adanya proses yg mendahuluinya.
ada hal penting lainnya jika kita bicara tentang cara meyakkinkan calon pembeli, dimana ada beberapa tahapan membangun TRUST yang dimulai dari:

  1. Awareness (Pembeli Tahu)
  2. Understanding (Pembeli paham)
  3. Belief (pembeli Percaya), barulah terakhir terjadiiiii
  4. Action (pembelian)

Mari kita jabarkan satu-persatu:

1. AWARENESS (PEMBELI TAHU)

Di tahap ini konsumen hanya sebatas tahu saja, bisa tahu tentang personal Branding kita, bisa juga tahu tentang produk kita. si pembeli tahu tentang kita bisanya dari berbagai promosi yang kita lakukan, bisa dari media online ataupun offline.

2. UNDERSTANDING (PEMBELI PAHAM)

Pada tahap ini mulai ada kelanjutan dari yang mulai hanya Aware (tahu) menjadi _understanding (paham).
Maksudnya bagaimana? Begini, pada dasarnya setiap produk mempunyai manfaat dan karakteristik yg berbeda-beda, oleh sebab itu kita sebagai penjual perlu menjelaskan secara detail apa manfaatnya. cara ini mampu memberikan edukasi tentang manfaat dan kelebihan dari produk yang di jual.

3. BELIEF (PEMBELI PERCAYA)

Pada tahap ini, pembeli sudah tahu dan paham tentang keguanaan, manfaat dan kelebihan produknya. Yang perlu dilakukan pada tahap ini adalah memberi bukti-bukti yang menguatkan agar si pembeli percaya dengan produk yang anda jual. Tujuan dari tahapan ini adalah sebagai jembatan akhir supaya terjadi proses selanjutnya. yaitu Action.

4. ACTION (TERJADI PEMBELIAN)

Action di sini adalah hasil dari proses akhir dalam membangun TRUST , yaitu terjadinya pembelian oleh konsumen. Tahapan akhir ini menjadi tanda berakhirnya sebuah proses penjulan dengan formula membangun TRUST. Catatan penting yang perlu diplerhatikan adalah proses terjadinya pembelian ini akan sulit terwujud jika anda tidak membangun TRUST terlebih dahulu.

 

Materi by Rendy Saputra

Share Ya Gan!


Komentar